Sunday, January 13, 2019

Penyebab Berak Putih Pada Udang Vaname

Vaname adalah salah satu varian udang yang sedang naik duan akhir akhir ini. Hal ini karena kemampuannya di budidayakan dalam kolam intensif dengan pertumbuhan yang cepat. Namun kegiatan budidaya udang vaname intensif sendiri juga membawa efek negatif. Salah satu efek negatif tersebut adalah berak putih atau white feces desease (WFD).


Tanda - tanda berak putih pada udang vaname
Berak putih ditandai dengan adanya benda berwarna putih seperti benang pada udang. Udang juga menjadi rapuh dan gampang mati. Udang yang mampu bertahan juga terlihat kurus. Sedangkan pada pengamatan kolam, terlihat warna air kolam terus berganti ganti, muncul lendir di permukaan kolam, serta dasar kolam banyak kotoran bekas pakan.

Penyebab Penyakit Berak Putih

Umumnya berak putih disebabkan oleh kualitas air yang kurang bagus. Penyebab paling pertama adalah banyaknya kandungan organik yang ada dalam kolam. Kandungan organik ini dipicu oleh 2 hal, yang pertama adalah kotoran dari udang. Kotoran udang mengandung amonia, amonia ini bila tidak diatasi maka dapat menjadi racun bagi udang sendiri, akhirnya menurunkan nafsu makan dan menurunkan daya tahan tubuh udang. Penyebab kedua dari tingginya kadar zat organik dalam kolam adalah penggunaan pakan yang berlebih. Pakan berlebih yang tidak dimakan oleh udang akan mengundang organisme lain yang akhirnya hidup dari sisa pakan tersebut.
Secara khusus, ada 2 organisme yang akhirnya hidup dari tingginya zat organik dalam kolam. Organisme tersebut adalah

  • Plankton jenis BGA. Tanda dari plankton jenis BGA sudah banyak mengisi kolam kita adalah warna kolam yang gelap. Plankton BGA memang berwarna hitam, jadi ketika kolam kita sudah berwarna gelap, maka kita harus curiga plankton ini sudah banyak berkembang di dalam kolam kita
  • Bakteri Vibrio Sp. ada 3 jenis Vibrio Sp. yang dapat menyebabkan berak putih dalam kolam udang kita: Vibrio alginolyticus, Vibrio parahaemolyticus, serta Vibrio vulnificus
Kedua organisme ini akan tumbuh subur di dalam kolam kita ketika kandungan organik dalam kolam sudah melebihi 250 ppm. Apabila organisme ini sudah melebihi 12% dari populasi kolam, maka udang akan semakin rentan terserang penyakit berak putih.
Jika kolam kita sudah terlanjur terkena penyakit berak putih, maka segeralah memberi obat untuk mengatasi berak putih pada udang agar kolam kita pulih kembali.
Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi kami di
WA: 081330286070

Obat Mengatasi Udang Vaname Stres

Sama seperti manusia, ternyata udang vaname juga bisa mengalami stres. Stress pada udang vaname ternyata lebih banyak diakibatkan oleh lingk...